Wednesday, September 21, 2011

Resistence Welding



Resistence Welding adalah proses bagian dari welding dimana pada proses penyamungan panas diperoleh dari melawan kerja arus listrik pada sirkuitnya serta dengan mengaplikasikan tekanan. Resistence Welding memiliki enam metode dalam pengaplikasiannya yaitu:
(1)    Resistence Spot Welding(RSW)
(2)    Resistence Seam Welding (RSEW)
(3)    Projection Welding (RPW)
(4)    Flash Welding (FW)
(5)    Upset Welding (UW)
(6)    Percussion Welding (PEW)
@ Resistence Spot Welding adalah proses welding diamana faying surface dilakukan pemanasan. Panas didapat dari kerja arus listrik yang. Proses ini di ikuti dengan pemberian tekanan oleh elektrode. Ukuran dan bentuk dari materi harus sama atau minimal mirip dengan elektrode yang digunakan. Titik pengelasan terbatas untuk matrial logam tipis (misalnya, 0.001 in sampai 1/8 in untuk logam baja dan magnesium dan 5/32 in untuk aluminium), yakni baja, baja stainless, aluminium, magnesium, nikel, paduan nikel, perunggu dan kuningan.


              @ Resistence Seam Welding metode ini mirip dengan dengan metode Resistence Spot Welding hanya saja pada metode ini proses dilanjutkan dengan rolling.
              @ Projection Welding proses welding diamana faying surface dilakukan pemanasan. Panas didapat dari kerja arus listrik yang. Proses ini di ikuti dengan pemberian tekanan oleh elektrode. Hasil penyambungan dilokalisir pada titik yang telah ditetapkan dengan cara proyeksi, pada bagian yang timbul dan pada persimpangan.


              @  Flash Welding (maaf belum ada penjelasan)
               @ Upset Welding adalah proses yang mirip dengan flash welding tapi pada metode ini material tidak dihubungkan satu sama lain sebelum sirkuit elektrode dibuka. Metode ini sangat banyak digunakan digunakan pada pabrikasi perpipaan ataupun ring baja.
              @  Percussion Welding (maaf belum ada penjelasan)


      sumber ( Machine Design Theory and Practice; aaron d. deuschman, Walter j. michels & charles E. Wilson)

No comments:

Post a Comment

Komen