Sunday, September 11, 2011

Pendahuluan Mekanika Fluida

Mekanika fluida adalah ilmu yang mempelajari tentang fluida baik fluida yang diam maupun fluida yang bergerak. Sedangkan fluida itu sendiri adalah zat yang terdeformasi secara kontunyu apabila dikenai tegangan geser, seberapa kecilpun tagangan geser tersebut diberikan.

Fluida dapat dikelompokkan menjadi dua macam yaitu compresible fluid dan incompressible fluid. Compresible fluid adalah fluida yang dapat dimampatkan atau termampatkan contohnya fluida bangsa gas (udara, oksigen, hidrogen, nitrogen dan masih banyak yang lainya). Incompressible fluid adalah fluida yang tidak dapat dimampatkan atau tak termampatkan conyoh palang banyak banyak ditemukan disekitar kita adalah air, bensin, oli, minyak, dan lain sebagainya.

Pada fluida sangat mudah mengalami aliran (flow), aliran yang terjadi pada fluida juga dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu compresible flow dan incompressible flow. Compresible flow adalah aliran fluida dimana pada aliran tersebut terjadi perubahan masajenis (density). Incompressible flow adalah aliran fluida dimana pada aliran tersebut tidak terjadi perubahan masajenis (density). Pada compresible fluid bisa mangalami compresible flow dan incompressible flow sedangkan incompressible fluid hanya mengalami incompressible flow tidak mungkin mengalami  compresible flow.