Wednesday, September 21, 2011

Arc Welding

Arc Welding adalah adalah proses welding dengan menggunakan sistem pemanasan busur baik menggunakan atau tanpa tekanan dan baik menggunakan logam pengisi atau tidak. Metode ini memiliki beberapa macam, disi ada delapan macam yaitu:
(1)    Shielded metel-arc welding (SMAW)
(2)    Carbon-arc welding (CAW)
(3)    Flux cored welding (FCAW)
(4)    Gas metal-arc welding (GMAW)
(5)    Gastungsten-arc welding (GTAW)
(6)    Submergeg-arc welding (SAW)
(7)    Plasma-arc welding (PAW)
(8)    Stud welding (SW)

·         Shielded metal-arc welding adalah proses welding dengan menggunakan panas dan arc yang dipasang antara penutup logam dan bagian kerja.  Pelindungnya sendiri daperoleh dari dekomposisi sebuah elektrode logam penutup. Sedangkan tekanan tidak digunakan pada metode ini. Dalam pengerjaan, metode ini bisa dilakukan secara manual maupun secara otomatis.

·         Submergeg-arc welding (SAW) adalah proses arc welding dengan menggunakan panas dan arc antara elektrode logam pada bagian kerja. Pada metode ini tidak digunakan tekanan dan logam pengisi diperoleh dari elektrode dan kadang dari batang logam sambungan. Metode ini dapat menggunakan peralatan otomatis yang memadukan elektrode dengan butiran-butiran flux yang terkontrol. Kadang metode ini juga menggunakan peralatan semiotomatis yaitu pada proses pemberian elektrode dan butiran-butiran flux dilakukan secara manual.  Sub penggebungan pada welding dapat menggunakan baja dengan karbon rendah, paduan baja rendah dengan strength (kekuatan) yang tinggi, baja kromium, koromium-nikel baja austentik. Dengan metode khusus dapat juga menggunakan air-hardening steel.

·         Plasma-arc welding adalah proses welding yang menggunakan panas dengan constricted arc antara elektrode dan potongan bagian kerja (transferred arc). Shield-nya diperoleh dari panas, panas beasal dari ionisasi gas. Gas yang dimaksud berasal berupa gas inert atau campuran dari beberapa gas. Sedangkan tekanan dan logam pengisi kadang digunakan dan kadang tidak digunakan. Carbon-arc welding (CAW), Flux cored welding (FCAW), Gas metal-arc welding (GMAW), Gastungsten-arc welding (GTAW), Stud welding (SW) digunakan untuk proses sambungan logam pada umumnya atau untuk produksi masal. Misalnya carbon-arc welding digunakan untuk kuningan, perunggu dan aluminium.





      sumber: ( Machine Design Theory and Practice; aaron d. deuschman, Walter j. michels & charles E. Wilson)

No comments:

Post a Comment

Komen