Wednesday, September 21, 2011

Proses Welding yang lain



Selain proses-proses diatas  masih banyak lagi metode lain yang digunakan. Berikut beberapa motode lain berdasrkan American Welding Society antara lain:
(1)    Ultrasonic Welding (USW) yaitu proses welding dengan menggunakan energi  frekuensi getaran (energi ultrasonik) digunakan bersaan dengan tekanan.
(2)    Friction Welding yaitu (FRW) yaitu proses welding dengan menggunakan panas yang diperoleh secara mekanik dengan cara mengosok-gosokkan pernukaan material.
(3)    Forge welding (FOW) yaitu proses welding dengan menggunakan pemanasan serta tekanan atau melakukan pemukulan yang cukup untuk menghasilkan deformasi yang bersifat permanen.
(4)    Explotion Welding (EXW) yaitu ploses welding dengan menggunakan perpindahan pada kecepatan tinggi, yang diperoleh dari ledakan yang dikontrol.
(5)    Diffusion Welding (DFW) yaitu proses ini adalah proses mikroskopik yang yang melibatkan logam pengisi yang sangat kecil.
(6)    Cold welding (CW) yaitu proses welding yang mengunakan gaya eksternal mekanik material itu sendiri.

(7)    Termit Welding (TW) yaitu proses welding dengan menggunakan panas (temperatur sangat tinggi) yang berasal dari  reaksi kimia antar oksigen dan aluminium baik dengan tekanan atau tidak. Jika mengunakan logam pengisi biasanya menggunakan logam cair.
(8)    Laser Beam Welding (LBW) yaitu proses welding dengan menggunakan pemanasan yang berasal dari konsentrasi cahaya yang koheren.
(9)    Induction Welding (IW) yaitu proses welding dengan menggunakan panas yang berasal dari kerja induksi arus listrik baik dengan atau tanpa menggunakan tekanan. Electroslog Welding (EW) dan Electron Beam Welding (EBW) 



      sumber ( Machine Design Theory and Practice; aaron d. deuschman, Walter j. michels & charles E. Wilson)

No comments:

Post a Comment

Komen